Total Pageviews

Thursday 20 October 2011

KEUNGGULAN-KEUNGGULAN INDONESIA DAN JEPANG DIBANDING NEGARA LAIN


1.    INDONESIA
1.   1. Indonesia memiliki gunung berapi aktif
Di Indonesia banyak terdapat gunung berapi yang masih aktif. Contohnya adalah Gunung Merapi, Gunung Galunggung, dan Gunung Lokon. Hal itu disebabkan karena Indonesia dilewati jalur Sirkum Pasifik, pertemuan lempeng-lempeng dunia, dan Sirkum Mediterania. Selain membawa kerugian, ternyata Gunung berapi di Indonesia memiliki keuntungan. Yaitu tanah Indonesia menjadi tanah vulkanis, sehingga memiliki kandungan humus yang banyak. Tanah ini dapat digunakan untuk bercocok tanam.

2.      2. Hasil Pertanian yang Melimpah
Hal ini disebabkan oleh tanah yang subur mengandung vulkanisme dan beriklim tropis. Hasil pertanian Indonesia meliputi padi, tomat, jagung, kopi, cengkeh, tembakau, karet, dan lain-lain. Pertanian Indonesia juga bisa di ekspor ke negara lain, seperti Jepang dan Korea. Karena hal-hal itu, Indonesia dijuluki Negara Agraris.

3.     3. Kekayaan dan Keindahan Alamnya
Di Indonesia, benyak terdapat objek wisata yang menarik dan unik, sehingga turis mancanegara dan domestik banyak berdatangan. Taman Nasional Bunaken di Sulawesi merupakan salah satu contohnya. Taman Nasional ini menangkarkan terumbu karang yang sangat indah. Berbagai jenis ikan hidup di Taman Nasional ini. Indonesia ternyata memiliki spesies ikan hiu terbanyak dan terumbu karang terkaya di dunia. Selain itu, Indonesia memiliki Gunung Tangkuban Parahu yang memberi manfaat, yaitu adanya pemandian air panas Ciater. Pemandian tersebut mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit manusia.

4.      4. Banyaknya Peninggalan-Peninggalan Kuno
Di Indonesia sudah mulai mengenal tulisan sejak abad ke empat. Pada abad ke-4, manusia sudah membuat prasasti, candi, dan peninggalan kuno lainnya. Salah satunya yaitu, Candi Borobudur.  Candi ini merupakan yang terbesar di dunia (tingginya 42 meter). Dibangun oleh Dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno pada tahun 750 M-850 M. Selain itu, Indonesia memiliki banyak Kerajaan di seluruh Nusantara ini. Contohnya adalah Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini merupakan yeng terbesar di Indonesia. Kerajaan ini, menyebarkan agama Buddha dari seluruh Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, hingga selatan India. Faktor penyebabnya adalah perdagangan laut yang terjalin baik antar daerah-daerah dunia, armada laut yang kuat, dan wilayah yang strategis untuk dijadikan sebuah Kerajaan.

5.      5. Memiliki Ribuan Pulau, Suku Bangsa, dan Kebudayaan
Indonesia memiliki 17.500 pulau. Salah satu diantaranya adalah Pulau Kalimantan dengan luas sekitar 539.500 m2.. Walaupun pulaunya luas, tetapi penduduk Kalimantan hanya kurang dari 50% dari seluruh penduduk di Indonesia. Yang memiliki penduduk terpadat di Indonesia, terdapat di Pulau Jawa. Indonesia memiliki jumlah penduduk kurang lebih 220 juta, yang etnis dan suku bangsanya berbeda-beda. Setiap suku bangsa pasti memiliki kebudayaan masing-masing. Kebudayaan tersebut meliputi upacara adat, bahasa daerah, tarian daerah, lagu daerah, dan alat musik daerahnya. Bahasa yang sering atau umum digunakan masyarakat Indonesia adalah bahasa Indonesia, sedangkan bahasa daerah yang sering digunakan masyarakat adalah bahasa Jawa. Indonesia ternyata merupakan negara dengan etnis terbesar di dunia. Indonesia pernah mengirim penari Lilin untuk dikirim ke konser studio Spanyol. Akhirnya, konser tersebut sukses dan banyak penggemarnya.

6.      6. Memiliki banyak tenaga kerja dan kemudahan mencari bahan baku
Indonesia memiliki banyak penduduk, sehingga peminat tenaga kerja pun menjadi banyak. Oleh sebab itu, perusahaan asing di dunia banyak berdatangan ke Indonesia untuk mencari tenaga kerja yang banyak dan mudah di dapat. Contoh perusahaan asing di Indonesia adalah Exxon Mobile dari USA (bidang pertambangan minyak bumi) dan British Petroleum dari Inggris(bidang pertambangan gas dan minyak bumi). Indonesia juga memiliki banyak bahan baku untuk membuat suatu produk. Seperti flora, fauna, barang tambang, mineral, dan non-mineral.

7.      7. Memiliki laut yang sangat luas
Indonesia memiliki perairan yang sangat besar. Perairan Indonesia tersebut memiliki persentase sebesar 24,65% dari periran seluruh dunia. Di dalamnya benyak terdapat kekayaan dan Sumber Daya Alam. Seperti ikan-ikanan, udang, kelomang, kepiting, ubur-ubur, gurita, bintang laut, sistem terumbu karang, dan lain-lain. Banyak wisatawan Indonesia maupun mancanegara berdatangan ke Indonesia untuk mencari keindahan laut Indonesia. Tempat pariwisata banyak terdapat di Indonesia. Yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Pantai Impian Ancol di Jakarta. Disana kita bisa melihat berbagai macam flora dan fauna dalam laut. Disana juga dikembangbiakkan flora dan fauna di laut Indonesia yang hampir mengalami kepunahan. Contohnya adalah penyu laut.

8.      8. Memiliki Masakan dan Rempah-Rempah sebagai bahan baku
Di Indonesia banyak terdapat masakan khas tersendiri. Seperti nasi goreng, bakso, pepes ikan, pepes tahu, siomay, baso tahu, batagor, nasi kuning, mi ayam, sate, dan masih banyak masakan daerah lain. Hal itu disebabkan karena Indonesia memiliki banyak Sumber Daya Alam dan bahan baku. Sehingga pada zaman penjajahan, para negara-negara Eropa berdatangan ke Indonesia karena adanya bahan baku makanan yang banyak. Selain itu, iklim di Eropa sangat dingin, yang mengakibatkan negara-negara Eropa mencari rempah-rempah ke Indonesia. Rempah-rempah di Indoesia sangat dibutuhkan untuk membuat gurih masakan dan sebagai bumbu. Contoh rempah-rempah yang sering digunakan adalah cabai, merica, dan cengkih.

9.      9. Negara Muslim terbanyak di dunia
Indonesia memiliki penduduk yang beragama Islam. Sekitar tiga per empat penduduk Indonesia beragama Islam. Setiap bulan haji, Indonesia yang mengirim kaum haji paling banyak di dunia. Selain itu, agama Islam di Indonesia dapat bertoleransi, menjalin hubungan yang kondusif dengan 5 agama lain di Indonesia, yaitu Hindu, Buddha, Kristen Katolik, Kristen Protestan, dan Konghucu. Hal itu merupakan yang dikagumi Presiden Amerika Serikat, Barrack Hussein Obama.   


1.      10. Memiliki Flora dan Fauna Purba yang masih hidup sampai sekarang(tidak ada di negara lainnya)
Contohnya adalah Rafflesia Arnoldi. Bunga ini merupakan bunga pemakan serangga. Bunga ini ditemukan oleh tuan Thomas Stamford Raffles pada zaman kolonial Belanda di daerah Bengkulu. Bunga Rafflesia termasuk langka karena dalam 1 tahun hanya dapat berkembangbiak 1 kali. Bunga Rafflesia hanya dapat ditemukan di Bengkulu, dan di dunia tidak ada spesies yang sama. Selain itu, di Indonesia hidup fauna purba, yaitu Komodo. Komodo hidup di daerah Nusa Tenggara Timur. Hewan ini diperkirakan merupakan spesies dinosurus yang masih hidup sampai sekarang. Hewan ini juga ditemukan dan jumlahnya hanya kurang dari 70 ekor.

JEPANG 
      
1.Teknologi yang Kian Maju
Jepang dapat membuat robot-robot yang dapat membantu pekerjaan manusia. Seperti memasak, menyapu, mengelap kaca, dan kegiatan lainnya. Selain itu, Jepang ju.`ga mampu menciptakan komputer tercepat di dunia. Nama komputernya adalah Superkomputer K. Komputer ini dihubungkan 1 sama lain dengan jumlah seluruh komputer adalah 1 juta. Jenisnya adalah komputer desktop. Komputer ini memiliki fungsi inovatif di bidang penelitian iklim global, meteorologi, pencegahan bencana, dan obat-obatan.

2.      2.Jepang memiliki tingkat kerjasama yang baik, disiplin, dan pantang menyerah
Orang Jepang, memiliki rasa kedisiplinan yang tinggi. Bagi mereka, waktu itu berharga. Kedisiplinan selalu mereka jaga. Hal ini dibuktikan ketika Jepang berada di Perang Dunia II. Saat itu, Jepang merupakan negara yang paling hancur dan peling tersiksa. Tetapi, rakyat Jepang merupakan rakyat yang memiliki kerjasama dan kedisiplinan yang tinggi dalam memulihkan keadaan negaranya. Maka, Kaisar Jepang saat itu, memerintahkan untuk selalu pantang menyerah dalam menghadapi hal itu. Rakyatnya selalu mentaati apa yang diperintahkan Kaisar Jepang saat itu. Akhirnya, dalam hanya kurun waktu beberapa tahun, Jepang sudah bisa memulihkan negaranya, hingga menjadi Macan Asia.

3.      3. Kenampakan Alam Yang tidak ada di Dunia
Jepang tentu memiliki bunga Sakura. Bunga ini merupakan bunga yang selalu mekar sepanjang tahun. Bunga ini berwarna merah jambu. Bunga Sakura juga mempunyai manfaat tertentu, yaitu sebagai pemberi rasa (pada teh, es krim, kue kering), sebagai pewarna alami, dan ada pula yang digunakan untuk bahan makanan. Oleh karena itu, Jepang merupakan negara yang didatangi banyak wisatawan. Selain itu, Jepang memiliki Gunung Fuji. Gunung ini tertutup lapisan es di bagian atas gunungnya. Terakhir kali meletus pada tahun 1707, dan menimbulkan 5 danau. Danau-danau inilah yang dijadikan objek wisata masyarakat.


4.      4. Kebudayaannya
Jepang memiliki pakaian tradisional yang bernama kimono. Kimono memiliki motif dan khas yang menarik. Kimono memiliki 2 jenis. Yaitu, montsuki dan kinagashi. Motif montsuki biasanya digunakan pada acara upacara adat dan acara-acara formal lainnya. Sedangakn, motif kinagashi biasanya dipakai di rumah atau ketika keluar rumah pada kesempatan tidak resmi. Selain itu, Jepang juga suka melakukan tradisi minum teh.

5.      5. Memiliki sifat malu
Hal ini dibuktikan oleh sekelompok Tentara Nasional Jepang bertarung melawan musuh. Mereka tidak akan kembali ke negara mereka sebelum mendapat kemenangan. Jika mereka mendapatkan kekalahan, mereka akan bunuh diri langsung. Ini membuktikan orang Jepang menyadari akan pentingnya rela berkorban demi bangsanya. Orang jepang cinta akan bangsanya sendiri dan pantang menyerah menghadapi musuhnya.

6.      6. Makanan dan Masakan
Hingga kini, banyak restoran-restoran ala Jepang yang merajalela di Indonesia. Contohnya adalah Hoka-Hoka Bento. Hoka-Hoka Bento tersebut menyajikan berbagai macam makanan ala Jepang. Seperti sushi, tempura, sukiyaki, dan sup miso. Makanan pokok mereka adalah nasi dengan berbagi lauk-pauk(ikan atau daging, sayuran, sup, serta acar sayur). Dengan menu makanan seperti itu yang mempengaruhi pertumbuhan otak mereka, sehingga mereka memiliki ide dan gagasan yang inovatif. Cara makan orang Jepang, sangat berbeda dengan negara lainnya, yaitu menggunakan 2 bilah sumpit. Sekarang, sumpit sudah mulai mendunia.

7.      7. Teknologi yang berkaitan dengan Gempa Bumi
Saat beberapa bulan yang lalu, Jepang dilanda sebuah musibah, yaitu tsunami. Jepang memiliki banyak penanggulangannya seperti alat pendeteksi gempa terakurat, rumah tahan gempa, dan teknologi lainnya. Pada dasarnya, orang-orang Jepang sudah mengenal penanggulangan gempa sejak taman kanak-kanak. Mereka dilatih sebaik mungkin agar jika terjadi gempa secara tiba-tiba, para murid tidak panik dan kebingungan. Selain itu, fasilitas anti-gempa juga sangat berkualitas, sehingga para penduduk yang berdekatan dengan pusat gempa, akan cepat diungsikan.

8.      8. Adanya Bandara di tengah laut
Jepang memiliki Bandara yang berdiri di tengah lautan, namanya Bandara Internasional Kansai. Bandara ini dibangun karena lahan di daratan sudah penuh, sehingga ada pemikiran atau sebuah ide kretif yang dikemukakan untuk membangun Bandara Internasional di tengah laut. Ada sebuah jalan yang menghubungkan antara Jepang dan Bandara Internasional Kansai ini. Ini membuktikan bahwa orang Jepang sangat kreatif, cerdas, dan berani mengemukakan pendapat.

9.      9. Pendidikan di Jepang
Jepang merupakan negara yang memiliki taraf pendidikan tinggi di dunia. Di Jepang, semua orang rajin membaca buku. Ide dan gagasannya sangat berkualitas. Jepang juga pentang menyerah jika dihadapi soal-soal yang sulit. Mereka tidak pantang menyerah. Mereka terus mengerjakan sesuai kemampuan maksimal mereka. Di Jepang tidak mengenal kata tidak bisa. Jika jawaban mereka salah, mereka akan mempelajari kesalahannya secara sendiri. Di Jepang mengenal sistem pendidikan 9 tahun.
  
`           10. Salah satu negara Pengekspor hasil laut terbanyak di Dunia
Jepang ternyata memiliki banyak kekayaan sumberdaya laut. Pada tahun 1980, Jepang mengekspor sekitar 11,9 ton hasil laut ke negara lain. Contoh hasil laut yang diekspor adalah sarden, cakalang, kepiting, udang, salem, cumi-cumi, kerang, tuna, saury, yellowtail, dan makerel. Jepang mengekspornya ada yang dalam bentuk barang jadi, setengah jadi, dan barang mentah. Ikan paus juga ditangkap untuk diambil minyaknya.    

No comments:

Post a Comment

Tolong komen ya... Untuk masa depan blog ini